Home » Blog » Cara Memindahkan Website WordPress ke Hosting Lain

Cara Memindahkan Website WordPress ke Hosting Lain

Cara Memindahkan Website Wordpress

Cara Memindahkan Website WordPress ke Hosting Lain – Dengan alasan tertentu, mungkin saat ini Anda berencana memindahkan website yang Anda miliki ke layanan hosting lain.

Bagi Anda yang sudah lama mengelola website, hal ini bukan pekerjaan yang sulit. Namun jika Anda pemula, memindahkan blog dari layanan hosting yang satu ke layanan yang lain bisa jadi hal yang rumit dan sulit dilakukan.

Baik, pada tulisan kali ini, akan disampaikan cara memindahkan website berbasis WordPress dari hosting lama ke hosting lain atau hosting yang baru.

Backup di Hosting Lama (WP Content dan Database)

Untuk mengawalinya, terlebih dahulu Anda melakukan backup di hosting lama. File dan folder yang dibackup tidak perlu seluruhnya, tetapi cukup folfer wp-content dan database.

Untuk backup wp-content, caranya adalah masuk ke file manager, lalu pilih folder blog Anda (jika memiliki banyak blog/website dalam satu hosting). Setelah itu klik kanan pada folder wp-content, kemudian pilih compress. Nah hasil compress berupa file zip inilah, kemudian didownload untuk disimpan pada komputer Anda.

Setelah wp-content berhasil dibackup, langkah berikutnya adalah melakukan backup pada database. Caranya yaitu, pada halaman CPanel, Anda klik menu PHPMyAdmin. Setelah itu klik database website yang akan dibackup. Kemudian klik menu export, lalu klik go/kirim. File hasil backup database tersebut berekstensi sql.

Sampai tahap ini Anda sudah berhasil membackup wp-content dan database pada hosting lama.

Menyiapkan Hosting Baru

Jika Anda sudah memiliki hosting baru, langkahnya adalah menginstal wordpress pada hosting baru tersebut. Setelah wordpress selesai Anda instal, lalu masuk ke menu file manager dan hapus folder wp-content pada hosting baru Anda.

Setelah itu, upload file hasil download file kompresi wp-content yang sudah Anda simpan sebelumnya sebelumnya ke hosting yang baru. Kemudian lakukan ekstrak pada file tersebut. Sekarang Anda sudah memiliki folder wp-content dari hasil backup hosting lama.

Langkah berikutnya Anda klik PHPMyAdmin di CPanel hosting baru. kemudian pilih database dari wordpress yang baru diinstal. Ceklis semua tabel, lalu hapus.

Selanjutnya adalah klik menu impor, lalu klik menu pilih file untuk diimport, yakni file berekstensi sql yang sebelumnya sudah disimpan di komputer Anda.

Edit File WP-Config.php

Setelah Anda berhasil memindahkan wp-content dan database ke hosting yang baru, langkah berikutnya adalah mengedit file wp-config.php yang ada di root hosting baru. Caranya dengan membuka file manager dari CPanel, lalu cari file wp-config.php dan klik edit.

Carilah wordpress table prefix yang biasanya berisi wp_. Ubahlah table prefix ini sesuai dengan table prefix wordpress dari database. Untuk mengetahui kode table prefix, buka database, di sana Anda akan melihat nama tabel (nama_). Kemudian save file wp-config.php yang sudah Anda edit tersebut.

Jika Anda tidak melakukan kekeliruan dalam semua proses di atas, maka website Anda sudah berhasil diakses pada hosting yang baru. Demikian Cara Memindahkan website berbasis WordPress ke hosting baru. (Source: Cara Memindahkan Blog Berbasis WordPress ke Layanan Hosting Baru)

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *