Home ยป Pilih Blogger atau WordPress untuk Membuat Blog

Pilih Blogger atau WordPress untuk Membuat Blog

Pilih Blogger atau Wordpress

Pilih Blogger atau WordPress untuk Membuat Blog – Jika saat ini Anda akan membuat blog, mungkin dalam benak muncul pertanyaan, memilih Blogger atau WordPress? Sebelum Anda menentukan pilihan, ada baiknya untuk membaca ulasan kami dalam artikel ini.

Kenapa hanya ada dua pilihan? Sebenarnya banyak di luar sana layanan untuk membuat blog, namun yang paling populer dari layanan-layanan blog, memang hanya dua, yakni Blogger dan WordPress.

Blogger

Blogger adalah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id untuk pengguna di Indonesia.

Pada awalnya, Blogger memberikan izin kepada penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui file transfer protocol (FTP) hingga 1 Mei 2010.

Namun setelah tanggal itu, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. (sumber: id.wikipedia.org).

Kemudian pada tahun 2010, Blogger mengenalkan template baru dan melakukan desain ulang situsnya. Pada tahun 2013, Blogger mengupdate fitur-fiturnya, salah satunya fitur komentar dan integrasi pada google+.

Blogger juga memiliki fitur mobile template, dimana fitur ini memungkinkan kita dapat mendesign atau memilih design yang telah disediakan sehingga pengguna bisa melihat blog pada Handphone atau Gadget pengunjung dengan design yang tersesuaikan (responsive).

WordPress

WordPress yang saya maksud di sini adalah wordpress.com. WordPress.com adalah situs layanan pembuatan blog yang menggunakan mesin WordPress, dan didirikan oleh perusahaan Automattic.

Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau melakukan konfigurasi yang rumit.

Namun sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.

Artinya pengguna tidak dapat menambahkan asesori apapun selain yang sudah disediakan oleh WordPress.com.

Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup memadai untuk membuat sebuah blog sederhana.

Pada WordPress.com, Anda tidak bisa melakukan custom url atau custom domain seperti layaknya pada Blogger.

Jika Anda ingin menggunakan alamat url menggunakan domain pribadi, Anda diharuskan membeli layanan hosting sendiri, yang kemudian Anda instal CMS WordPress.

Kesimpulan

Lantas, sebaiknya dalam membuat blog lebih baik menggunakan Blogger atau WordPress? Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Selain itu, membuat blog juga berhubungan dengan banyak faktor, seperti selera, budget, dan tujuan Anda membangun blog. So, silakan pertimbangkan dengan faktor-faktor tersebut. Selamat ngeblog!

Untuk Anda yang saat ini belum memiliki blog, percayakan kepada Intiwebsite untuk membuatkannya. Dengan harga yang efisien, Anda sudah memiliki blog dengan domain sendiri. Pengerjaan blog di Intiwebsite relatif cepat, tidak lebih dari sehari, blog Anda sudah siap online.

Baca juga:

Situs Tempat Unduh Foto Gratis, Apa Saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *